Kembangkan Jarak Pagar di Sawah dan Kebun Jawa Tengah

“Jarak pagar beton dapat dibudidayakan dengan gampang di Gunungkidul sebab karakteristik lahan dan iklim di sini menunjang pertumbuhan tanaman hal yang demikian,” kata Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Gunungkidul Dwinggo Nirwanto di Gunungkidul, Selasa.

Dia mengatakan sebanyak 34 klasifikasi tani pembudidaya ketika ini mendapatkan pembekalan pengolahan buah jarak menjadi minyak jarak. “Beberapa klasifikasi tani hal yang demikian berada di Kecamatan Tepus, Gunungkidul. Sekitar 2000 petani dari 19 dusun mendapatkan materi pembudidayaan tanaman jarak dan pengolahan buah jarak,” katanya.

Berdasarkan ia petani dibekali tata sistem pengolahan buah jarak menjadi minyak jarak kasar dengan bantuan alat dari Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Pejuang Yogyakarta. Dia membeberkan alat hal yang demikian berasal dari dana hibah lewat program percepatan teknologi Menteri Riset dan Teknologi.

“Pembinaan yang dilaksanakan terhadap petani pembudidaya jarak antara lain tata sistem penanaman secara benar, pengolahan, dan pemasaran minyak jarak untuk bahan bakar pilihan substitusi solar,” katanya.

Kepala Desa Purwodadi Suprihatin mengatakan pelatihan hal yang demikian menolong petani untuk memahami sistem pengelolaan buah jarak menjadi minyak jarak secara benar.

Berdasarkan ia lewat pemberian keterampilan pengolahan buah jarak, petani mulai memahami tata sistem pengolahan buah jarak mejadi minyak secara benar sehingga sanggup menambah skor ekonomis buah jarak,” katanya.

“Pengembangan tanaman jarak pagar hal yang demikian sanggup menjadi tambahan penghasilan bagi petani, harga buah jarak ketika ini Rp1.250/kg. Para petani mendapatkan penghasilan tambahan dari penjualan jarak, khususnya pada ketika hasil utama pertanian, ialah gaplek mengalami penurunan harga,” katanya.

Berdasarkan ia program pengembangan budi kekuatan jarak pagar hal yang demikian yaitu salah satu usaha pemberdayaan masyarakat kecil. Dia menyuarakan jumlah klasifikasi tani pembudidaya tanaman jarak kian meningkat, pada tahun ini jumlah klasifikasi tani bertambah 20 klasifikasi dibanding tahun sebelumnya.