Fungsi USB OTG Yang Jarang Kita Ketahui

Apa itu OTG ? Otg adalah singkatan dari (on the go) yang dalam bahasa Indonesia di artikan dimana saja/di perjalanan. Pengertian dari usb otg itu sendiri merupakan fitur yang ada pada sebuah ponsel (android) yang mempunyai kemampuan membaca apa yang ada di dalam flashdisk, dan juga sanggup mentransfer data sekalipun tanpa menggunakan komputer.

Fitur ini dapat berjalan disaat kamu mennyambungkan ponsel dengan konektor USB OTG. Google telah menyampaikan fitur host mode semenjak diperkenalkannya android honeycomb 3.0, yang mempunyai fungsi layaknya komputer.

Untuk flashdisk otg sendiri berbeda dengan flashdisk pada biasanya. Flashdisk otg memiliki 2 ujung konektor yang berbeda, dimana satu konektor berfungsi untuk Port usb computer, dan di sisi lain untuk port usb ponsel.

Fungsi Unik Flashdisk OTG

Selain mempunyai fungsi untuk membaca dan mentransfer data, usb otg ini mempunyai fungsi unik lain yang jarang diketahui, tetapi dengan syarat ponsel kamu telah mendukung fitur usb otg. Berikut merupakan fungsi unik tersebut:

Untuk menyalakan kipas angin

Cuaca di Indonesia yang cukup panas, kipas angin portable ini dapat jadi salah satu barang yang seharusnya dibawa disaat berpergian ke luar rumah. Cukup sambungkan port usb yang ada pada kipas portable ke dalam port otg tersebut. Dan rasakan segarnya angin yang diciptakan.

Baca Juga: Souvenir USB

Untuk menyalakan lampu darurat

Ini sangat berfungsi bagi yang tempat tinggalnya sering mengalami pemadaman listrik secara bergilir, dengan adanya mini led light saat malam kamu dapat merasa senantiasa mendapat penerangan, tanpa takut adanya pemadaman listrik kembali. Untuk pemasangannya sama seperti kipas angin portable.

Menambah slot penyimpanan data pada ponsel

Poin yang satu ini sangat berfungsi untuk kamu yang sering berselfie, kamu tidak perlu takut kehabisan slot penyimapan data untuk menyimpan segala hasil foto. Karena dengan adanya flashdisk otg, semua foto kamu pasti dapat tersimpan rapi di dalam flashdisk tersebut. Kamu hanya perlu menghubungkan port usb tersebut ke dalam ponsel yang kamu miliki.

Merubah ponsel menjadi powerbank

Ini berfungsi bagi kamu yang mempunyai ponsel dengan kapasitas baterai yang cukup besar, dan telah support usb otg. dengan kelebihan tersebut smartphone yang kamu miliki dapat berfungsi sebagai powerbank untuk menambahkan tenaga cadangan pada ponsel lain, maupun pada gadget lain seperti Action cam.

Menghubungkan LAN ke ponsel

Kamu dapat menggunakan LAN kantor untuk menghubungkan ponsel yang kamu miliki ke dunia maya, dengan prasyarat telpon pintar tersebut telah support usb otg. Kamu dapat browsing di dunia maya sepuasnya dengan kencang tanpa takut kuota habis.

Simak Juga: USB Promosi