Umur Terbaik Si Kecil Ikut Playgroup

ikut playgroup

International schools in Jakarta – Umur terbaik bagi si kecil untuk menerima pengajaran dari institusi pengajaran formal seringkali jadi pro kontra. Banyak yang menganggap bahwa si kecil seharusnya memperoleh pengajaran sedini mungkin. Padahal yang lainnya menganggap bahwa di umur yang terlalu dini, si kecil masih belum siap untuk menangkap materi yang beraneka.

Segera umur berapakah yang ideal untuk meregistrasikan si kecil masuk sekolah Pengajaran Buah Umur Dini atau Playgroup?

“Jikalau bicara pas ya sebetulnya ada bermacam-macam jenis teori. PAUD itu dari semenjak nol tahun itu kita ada taman penitipan si kecil, kemudian ada juga golongan bermain play group, TK, PAUD itu dapat dari 0 hingga 6 tahun,” ungkap Direktur Jenderal Pengajaran Buah Umur Dini, dan Pengajaran Masyarakat, Kementerian Pengajaran dan Kebudayaan, Ir. Harris Iskandar, Ph.D, ketika pengesahan Early Year Center di Jakarta Intercultural School Pondok Menawan, Jakarta Selatan, Selasa 25 September 2018.

Ia memperbandingkan, di banyak negara maju, Playgroup sendiri yaitu sebuah keharusan. Pemerintah Indonesia sendiri belum lama ini juga sudah mengeluarkan Hukum Pemerintah Nomor 2 Tahun 2018 perihal Standar Pelayanan Minimal (SPM). Hukum ini, kata Harris, mempertegas peran penting dan kewenangan Pemerintah Kabupaten/Kota dalam memberikan pelayanan pengajaran si kecil umur dini dan pengajaran masyarakat.

Dia juga membeberkan, dengan tersedianya Playgroup di bermacam-macam tempat, juga dapat menjadi sarana komplementer dan pendorong bagi orang tua yang keduanya berprofesi. “Jadi orang tua seharusnya konsisten produktif, jangan mempunyai si kecil jadikan muatan. Jadi nanti daerah penitipan si kecil itu diserahkan terhadap profesional, jadi di dalam itu konsisten dipandang well being-nya, nutrisinya, kesehatannya,” ungkap Harris.

Malah, lanjut Harris, bukan tak mungkin nantinya di dalam kelas kecuali ada guru juga ada perawat. Sehingga, semenjak umur berapa bahkan, si kecil dapat meniru Playgroup dengan bagus.

“Itu perlu kesadaran bersama dikala telah sadar ini investasi bersama akibatnya itu nanti akan luar lazim,” kata ia.