3 Macam Cairan Pembersih Mesin Kendaraan dan Fungsinya yang Harus Kamu Tahu

Selama ini banyak pengemudi yang cuma merawat dan memandang kebersihan kendaraan beroda empat dari luar ataupun interior saja. Walaupun kebersihan mesin kendaraan beroda empat juga perlu diamati, kecuali untuk mensupport performa mesin kendaraan beroda empat itu sendiri, hal ini juga untuk menjaga supaya mesin kendaraan beroda empat terus awet dan bendung lama sebab bebas dari kerak ataupun karat.
Cairan Pembersih untuk Mesin Beroda

Banyak sistem yang dapat dijalankan untuk menjaga kebersihan mesin kendaraan beroda empat, salah satunya dengan cairan pembersih khusus. Dengan pemakaian tipe cairan pembersih yang pas, mesin kendaraan beroda empat bisa terus beroperasi dengan bagus dalam waktu yang panjang. Tetapi terlalu banyak cairan pembersih mesin yang dipasarkan dipasaran, nah supaya kau tidak salah beli ada pantasnya kau mengetahui lebih-lebih dahulu cairan pembersih mesin kendaraan beroda empat berdasar tipe dan fungsinya.

1. Engine Conditioner

Cairan berbahan solvent dalam wujud foam atau busa ini berfungsi untuk membersihkan ruang bakar dengan sistem disemprotkan ke ruang bakar melewati lubang busi (busi dilepas). Dikala membersihkan sebaiknya temperatur mesin dalam situasi hangat dan kotoran, sebab dengan temperatur mesin hangat akan pesat menolong cairan menguap, kecuali itu pada dikala panas, kerak karbon akan lebih gampang larut. Kotoran yang mengandung kerak dan karbon nantinya yang melekat di kepala piston dan valve nantinya akan terkikis dan dibuang melewati knalpot.

2. Engine Degreaser

Cairan ini juga berbahan solvent, cuma teksturnya lebih keras. Hal hal yang demikian dikarenakan tugas cairan ini merupakan membersihkan kotoran atau daki di luar mesin. Kemasannya juga sama dengan engine conditioner, adalah dalam tabung aerosol. Formulasi unik dari engine degreaser ini akan mengikat dan melarutkan kotoran yang membandel. Metode pemakaian pembersih ini merupakan dengan disemprot dibagian yang dekil pada dikala mesin masih berada dalam situasi hangat, sesudah itu bilas dengan air dengan mengaplikasikan selang.

3. Engine Flush

Engine flush merupakan deterjen khusus yang kapabel membersihkan kotoran di dalam karter mesin dan trek oli. Metode pemakaian cairan pembersih merupakan dengan memasukkan cairan ke dalam mesin melewati lubang oli dan menghidupkan mesin selama 15 menit. Sesudah itu, membuang cairan melewati pembuangan oli. Dengan kandungan pembersih yang kuat, engine flush juga kapabel menolong membersihkan sludge dan karbon di ring piston.

Kunjungi Juga: Electric Motor Cleaner