Apa perbedaan antara Masking dan Painter’s Tape?

Pita perekat penutup (masking tape) dan pita pelukis (painter’s tape) adalah dua jenis pita perekat yang paling sering membingungkan karena keduanya memiliki tampilan dan nuansa yang serupa. Namun, saat Anda melakukan pekerjaan cat profesional – atau proyek apa pun yang membutuhkan ketelitian – menggunakan selotip yang dirancang untuk mengecat membuat semua perbedaan antara menyelesaikan pekerjaan dengan benar untuk pertama kalinya dan harus memperbaiki atau memperbaiki permukaan yang rusak.

Banyak selotip penutup dan pelukis dibuat dengan alas kertas krep, yang membuatnya mudah sobek dengan tangan dan dapat ditulis untuk tujuan pelabelan. Beberapa pita pelukis dibuat dengan bagian belakang yang sedikit lebih kuat daripada pita penutup untuk tujuan umum untuk mencegah pecahnya dan untuk memudahkan melepas pita dalam satu setrip setelah pengecatan.

Cek Juga: Harga Lakban Coklat

Mungkin perbedaan paling signifikan antara masking dan painter’s tape adalah bahwa pita pelukis dilepas dengan rapi setelah pekerjaan selesai – hingga jangka waktu tertentu – sementara pita penutup cenderung meninggalkan residu jika dibiarkan selama proyek pengecatan. Sebagian besar pita pelukis dikemas dalam beberapa jenis label dengan klaim penghapusan bersih yang memungkinkan pengguna mengetahui berapa lama pita dapat dibiarkan dan masih dapat dilepas dengan bersih. Jumlah waktu pelepasan bersih dapat berkisar dari beberapa hari hingga beberapa minggu – tergantung pada kualitas dan konstruksi rekaman. Jika Anda tahu bahwa proyek Anda akan berlangsung selama seminggu atau lebih, itu selalu merupakan praktik terbaik yang baik untuk menggunakan selotip yang dirancang untuk dilepas dengan bersih selama pekerjaan Anda.

Selotip penutup, di sisi lain, mungkin tidak dirancang untuk dilepas dengan bersih. Perekat yang digunakan dalam pita ini diformulasikan untuk mempertahankan daya tahan yang memadai tetapi tidak harus terlepas dengan bersih jika dibiarkan menempel untuk jangka waktu lama. Jika Anda pernah menggunakan selotip berwarna untuk memberi label pada sesuatu dan mencoba melepaskannya setelah didiamkan dalam waktu lama, kemungkinan Anda harus membersihkan beberapa perekat yang tertinggal. Meskipun ini mungkin tidak tampak seperti masalah besar bagi sebagian orang, keharusan membersihkan residu setelah pekerjaan cat interior bisa menjadi kemunduran besar yang menghabiskan waktu dan uang yang berharga.

Simak Juga: Lakban Hitam Besar

Perbedaan lain antara masking dan painter’s tape adalah bahwa pita pelukis dirancang untuk digunakan dengan cat dan untuk mencegah cat merembes ke area yang ditutupi. Beberapa selotip serbaguna dapat mengerut atau berkerut saat terkena cat lateks, sehingga cat dapat meresap di bawah selotip. Di sisi berlawanan dari spektrum, ada beberapa pita pelukis yang melalui langkah ekstra dalam proses pembuatan yang memperlakukan tepinya dengan polimer penyerap yang bertindak sebagai penghalang untuk mencegah cat keluar. Pita ini menghasilkan garis cat yang sangat tajam dan sangat berguna untuk mengecat garis, bentuk, atau pola dekoratif di dinding atau permukaan lainnya.

Pada akhirnya, semua pita pelukis adalah pita penutup, tetapi tidak semua pita penutup adalah pita pelukis. Pelukis profesional juga harus menggunakan selotip yang dibuat khusus untuk melukis, sementara selotip untuk keperluan umum mungkin cukup untuk beberapa penghobi dan pekerja DIY yang melakukan proyek kecil.

Kunjungi Juga: Harga Lakban Bening