Mengapa Anda Perlu Mengganti Pipa Galvanis Anda

Pipa galvanis adalah pipa baja yang telah dicelupkan ke dalam lapisan pelindung seng untuk mencegah korosi dan karat. Pipa galvanis umumnya dipasang di rumah-rumah yang dibangun sebelum tahun 1960. Ketika ditemukan, pipa galvanis adalah alternatif pipa timah untuk saluran pasokan air. Hari ini, bagaimanapun, kita telah belajar bahwa puluhan tahun terkena air akan menyebabkan pipa galvanis terkorosi dan berkarat di bagian dalam.

Seperti apa pipa galvanis itu?

Saat pertama kali dipasang, pipa galvanis terlihat mirip dengan warna nikel. Tetapi seiring bertambahnya usia, pipa galvanis mungkin tampak jauh lebih kusam, lebih terang, atau lebih gelap, tergantung pada lingkungannya. Kami juga telah melihat rumah yang pipa airnya telah dicat, sehingga sulit untuk mengetahuinya secara sekilas.

Baca Juga: Jual Pipa Stainless

Bagaimana saya bisa tahu jika saya memiliki pipa galvanis?

Jika Anda tidak dapat mengetahuinya dengan melihat pipa Anda, ada tes cepat untuk mengetahui apakah pipa tersebut digalvanis. Cukup ambil obeng pipih dan magnet yang kuat. Mulailah dengan menemukan saluran air Anda dan gores bagian luar pipa dengan obeng. Bandingkan hasil Anda:

Tembaga

Area yang tergores akan terlihat seperti koin tembaga.
Magnet TIDAK akan menempel padanya.

Plastik
Area yang tergores akan tampak berwarna gading atau putih.
Magnet TIDAK akan menempel padanya

Baja galvanis
Area yang tergores akan memiliki warna abu-abu perak.
Magnet yang kuat akan menempel padanya.

Lead
Area yang tergores akan berwarna abu-abu keperakan kusam, dan logam biasanya lunak dan mudah tergores. Magnet TIDAK akan menempel padanya. Pipa timah mudah ditekuk dan mungkin salah bentuk. Jika Anda memiliki pipa timah, kami merekomendasikan penggantian jika memungkinkan.
Pastikan untuk menguji pipa Anda di beberapa area. Tidak jarang memiliki lebih dari satu jenis pipa di saluran air Anda.

Lihat Juga: Jual Pipa Seamless

Apakah pipa galvanis mengandung timbal?

Pipa galvanis yang dipasang di saluran air antara tahun 1880 dan 1960 dicelupkan ke dalam seng cair yang terbentuk secara alami. Seng alami tidak murni, jadi pipa-pipa ini direndam dalam seng yang juga mengandung timbal dan kotoran lainnya. Lapisan seng memperpanjang umur pipa baja, tetapi menambahkan sedikit timbal dan zat lain yang berpotensi membahayakan penduduk.

Selain itu, jika pipa galvanis Anda pernah terhubung ke pipa ledeng (termasuk saluran servis), ada lebih banyak alasan untuk khawatir. Korosi di dalam pipa baja galvanis bisa saja menjebak potongan-potongan kecil timah. Bahkan jika pipa timah telah dihapus bertahun-tahun yang lalu, pipa baja galvanis masih dapat secara berkala melepaskan timah yang terperangkap ke dalam aliran air. Chicago tidak berhenti menggunakan pipa timah untuk saluran layanan sampai tahun 1986, dan diperkirakan 400.000 saluran layanan timah masih digunakan di Chicago saja.

Satu-satunya cara untuk memastikan bahwa timbal tidak dimobilisasi dari pipa ledeng ke keran di rumah tertentu adalah dengan mengganti sepenuhnya pipa ledeng galvanis dan saluran servis timah apa pun.

Cek Juga: Jual Pipa Galvanis

Masalah lain apa yang dapat ditimbulkan oleh pipa galvanis?

– Tekanan Air Rendah
Karena pembatasan saluran, korosi pada pipa galvanis dapat menyebabkan tekanan air yang lebih rendah di seluruh rumah Anda.

– Distribusi Air yang Tidak Merata
Jika beberapa keran Anda memiliki tekanan air rendah, tetapi yang lainnya tidak, ini bisa menjadi gejala pipa galvanis. Korosi dapat menumpuk secara tidak merata. Juga, bagian dari saluran pipa galvanis bisa diganti di rumah Anda, tetapi tidak di mana-mana.

– Perubahan Warna Air
Pipa galvanis dapat melepaskan besi dan menyebabkan perubahan warna. Indikator yang jelas dari ini adalah noda cokelat di wastafel porselen.

– Kebocoran
Jika diberi waktu yang cukup, pipa galvanis akan berkarat dan menyebabkan lebih banyak kerusakan pada rumah Anda.

Kunjungi Juga: Jual Flange