Cara Mengecat Lantai Kayu Yang Benar

lantai kayu

Mengecat lantai kayu solid bisa memberikan lantai hal yang demikian “kehidupan baru” tanpa wajib menggantinya dengan lantai yang baru. Kecuali itu, mengecat lantai kayu Anda juga bisa membikin Anda berkreasi dengan pola-pola menarik. Berikut ini sistem mengecat lantai kayu yang ideal untuk Anda.

Persiapkan permukaan lantai Berdasarkan Christopher Comer dari Noble Pro Painting di Chicago, Anda dapat mengawali progres persiapan pengecatan dengan mengamplas lantai dengan amplas 150-grit. Mengamplas dengan tangan seperti ini tak akan membikin lantai benar-benar halus, tapi cukup untuk membikin primer merekat dengan bagus pada permukaan lantai.

Bersihkan lantai Hilangkan debu sisa-sisa amplas dari lantai kayu Anda. Seka memakai air bila perlu, kemudian cuci dengan pembersih lantai kayu. Komponen secara khusus dari langkah ini yaitu memperbolehkan lantai kering sesudah dibersihkan. Idealnya, Anda memperbolehkan lantai mengering selama dua hari atau lebih.

Apabila masih lembab, primer dan cat yang merekat pada permukaan kayu akan bergelombang. Pakaikan primer Phillip Storey dari Redhill Painting di San Francisco, Amerika Serikat, mengatakan bahwa pihaknya menyarankan senyawa yang kapabel masuk ke dalam primer berbasis minyak yang bisa menyegel permukaan lantai kayu.

Sesudah mengamplas, pakai pembersih vakum untuk membersihkan sisa-sisa debu. Hindari penerapan lap katun atau kertas untuk membersihkan sisa debu. Bahan ini akan meninggalkan serat di lantai sehingga dapat merusak progres pengecatan Anda. Berikan warna Untuk memberikan pola baru atau membikin lantai beragam warna, pakai selotip khusus mengecat. Pakai kuas atau roller, tapi pastikan Anda memakai perangkat yang ideal.

“Anda tak akan menerima gelombang udara sama sekali dengan memakai kuas, tapi mengecat dengan kuas memerlukan kerja yang intensif,” ujar Comer. Biarkan kering Mengecat lantai kayu hampir sama dengan memakai cat kuku. Dalam pengaplikasian cat kuku, Anda butuh memakai base coat, color coat, kemudian top-coat. Tiap-tiap lapisan wajib tipis, tak menggumpal, dan wajib benar-benar kering sebelum lapisan berikutnya Anda pakai. Sesudah lapisan pertama, tunggu setidaknya 24 jam sebelum lapisan berikutnya.

Berikan pelapis Sesudah dua kali memberikan warna pada lantai Anda, sekarang tiba waktunya memberikan top-coat. Top-coat akan memberikan ketahanan bagi cat Anda. Berikan satu atau dua lapis pelapis polyeurethane jernih, kemudian biarkan selama 24 jam tiap-tiap satu lapisan.