Merawat Prostesis Anda

Merawat Prostesis Anda

Setelah Anda sembuh dari operasi dan siap memulai perjalanan Anda sebagai orang yang baru diamputasi, Anda akan dipasangi prostesis, atau anggota tubuh palsu, untuk menggantikan yang diangkat melalui pembedahan. Sementara prostetik Anda akan dapat membimbing Anda tentang cara menggunakan, merawat, dan memelihara anggota tubuh baru Anda, penting juga bagi Anda untuk mempelajari cara merawatnya setiap hari, dan melakukan beberapa langkah penting untuk memastikannya. kaki palsu Anda bertahan selama mungkin.

Apa itu Prostesis?

Pertama – apa itu prostesis? Pengertian prostesis dalam dunia medis adalah alat buatan yang menggantikan bagian tubuh yang hilang. Prostesis juga dikenal sebagai anggota tubuh buatan, dan merupakan perangkat yang diterapkan secara eksternal yang dirancang untuk mengurangi kehilangan anggota tubuh secara drastis dalam kehidupan sehari-hari. Biasanya, bagian tubuh bisa hilang karena trauma, melalui pembedahan karena berbagai penyakit, atau karena cacat lahir. Kaki palsu

Ada berbagai prostesis yang tersedia untuk diamputasi. Prostesis pasif umumnya dianggap sebagai perangkat yang dipakai murni untuk tujuan kosmetik. Prostesis fungsional, di sisi lain, adalah perangkat yang memungkinkan penderita diamputasi untuk melakukan tugas. Perangkat ini mungkin atau mungkin juga tidak melayani tujuan kosmetik. Pelajari lebih lanjut tentang sejarah prostetik di entri blog kami!

Merawat Anggota Badan Prostetik Anda

Menggunakan kaki palsu Anda dengan benar, serta membersihkannya dan menjaganya tetap teratur, akan membantunya bertahan lebih lama. Untuk menjaga kesehatan anggota tubuh sisa, serta menghindari biaya penggantian yang mahal, ada beberapa langkah yang dapat Anda ikuti. Mengetahui cara merawat prostesis baru Anda, atau yang telah Anda miliki selama beberapa waktu, akan membantu menjaga tungkai prostetik Anda dalam kondisi prima, serta membuat Anda waspada terhadap tanda-tanda kerusakan yang dapat diperbaiki lebih awal untuk dihindari. menggantinya seluruhnya. tangan palsu

Berikut beberapa cara untuk memastikan bahwa anggota tubuh palsu Anda bertahan selama mungkin.

Gunakan Prostesis Anda Di Bawah

Kondisi Normal
Kebanyakan kaki palsu tidak dirancang untuk olahraga atau aktivitas berdampak tinggi. Jenis prostetik ini biasanya dibuat khusus sesuai dengan tingkat aktivitas fisik yang direncanakan pasien.
Kebanyakan prostesis tidak dimaksudkan untuk digunakan di dalam air. Jangan memasukkan kaki palsu Anda ke dalam air kecuali jika dirancang untuk berenang. harga kaki palsu
Hindari penggunaan bahan kimia yang dapat mengubah atau merusak bahan pada anggota tubuh palsu.

Bersihkan Socket Anda Setiap Hari

Soket adalah komponen terpenting dari prostesis Anda. Jika tidak pas, Anda bisa mengalami rasa sakit, luka dan lecet, dan prostesis akan terasa berat dan tidak praktis.
Soket, kaus kaki, dan pelapis yang kotor dapat menampung bakteri, menyebabkan masalah bau dan kulit, seperti ruam, jamur, dan kemerahan. harga tangan palsu
Untuk membersihkan soket, gunakan sabun lembut dan spons atau kain yang lembut dan bersih.
Keringkan bagian dalam dengan handuk kering yang lembut, bersih, dan biarkan mengering semalaman.
Soket juga perlu didesinfeksi setiap akhir hari untuk meminimalkan bakteri. Cukup menggunakan alkohol gosok biasanya sudah cukup.

Bersihkan Socks, Liner, dan Shrinker Socks

Karena liner menyentuh kulit Anda sepanjang hari, Anda perlu membersihkannya setiap hari.
Ganti kaus kaki Anda setiap hari untuk menghindari infeksi atau penumpukan jamur dari penggunaan sehari-hari.
Cuci kaus kaki dengan tangan dengan air hangat dan sabun lembut.
Jangan gunakan deterjen, dan pastikan semua sabun dibilas hingga bersih dari kaus kaki – jika tidak, kulit bisa teriritasi.

Tips Membersihkan Lainnya

Jaga agar potongan kulit tetap kering dan bersih setiap saat, dan coba gunakan sabun pelana jika perlu dibersihkan.
Konsultasikan dengan dokter prostetik Anda untuk mendapatkan tip tentang cara merawat bagian mekanis tungkai prostetik Anda.
Pastikan Anda menemui mereka untuk pemeriksaan rutin bagian mekanis dari anggota tubuh Anda.
Laporkan suara keras atau deras ke prostetik Anda.
Jangan sesuaikan sendiri suku cadang mekanis atau komponen penting apa pun.
Laporkan kabel yang rusak atau area yang rusak di anggota tubuh Anda ke dokter prostetik Anda.
Simpan kaki palsu Anda dalam posisi horizontal, berbaring rata.
Anda dapat menaburkan soda kue pada sisa anggota tubuh Anda untuk menghindari bakteri dan bau pada anggota tubuh palsu yang dapat menyebabkan keringat.
Periksa sisa anggota tubuh Anda setiap hari. Kemerahan atau nyeri apa pun harus dilaporkan ke dokter Anda karena pengelupasan atau keausan ini biasanya dapat diperbaiki dengan penyesuaian sederhana pada tungkai palsu.

Kebersihan

Kulit yang bersih merupakan kebutuhan bagi pemakai anggota tubuh palsu. Banyak kaki palsu dapat memerangkap panas dan keringat, menyebabkan bakteri menumpuk dan berkembang biak. Bakteri ini, jika dibiarkan di prostesis, dapat menyebabkan iritasi kulit dan, selanjutnya, bahkan dapat menyebabkan lecet.

Untuk informasi tentang kebersihan anggota tubuh sisa, silakan lihat posting blog kami di sini.