Pengertian Teknik Isolasi

isolasi

Langkah pertama yang patut dilaksanakan dalam mengerjakan teknik isolasi merupakan mengambil mikroba tertentu di suatu budaya campuran. Dalam mengerjakan hal ini bisa memakai ose yang sebelumnya dipijarkan pada pemanas Bunsen. Berikutnya sesudah hangat kuku bisa diaplikasikan untuk mengambil satu koloni dari budaya campuran. Metode menyentuhkan pada komponen koloni yang akan dibiakkan dalam menjalankannya diusahakan tak meraba koloni yang lain.

Produk Lain Dari website Kami : https://www.teknikmart.com/power-tools-dan-pengukuran/power-tools-listrik/gerinda-tangan.html

Dalam pengambilan ini diusahakan didekatkan dengan api tapi tak hingga meraba supaya menghindari kontaminasi mikroba lain. Berikutnya sampel hal yang demikian dipindahkan ke media biakan.
Pada praktikum kali ini juga dilaksanakan penangkapan mikrobia oleh praktikan. Penangkapan ini dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 6 Mei 2010. Sebelum mengerjakan teknik isolasi, lebih-lebih dulu dilaksanakan penumbuhan mikrobia yang akan diaplikasikan sebagai bahan biakan dalam teknik isolasi.

Dalam menumbuhkan mikrobia ini dibutuhkan media pembiakan yang kaya akan nutrien. Media yang diaplikasikan dalam tes ini merupakan PDA dan NA. Media PDA diciptakan sendiri oleh praktikan, meskipun NA telah disediakan oleh laboran. Media PDA diaplikasikan untuk menumbuhkan jamur atau kapang, meskipun media NA diaplikasikan untuk menumbuhkan kuman. Penangkapan mikrobia dilaksanakan pada dua daerah, adalah di luar ruangan dan di dalam ruangan. Penangkapan mikrobia dilaksanakan dengan sistem membuka petridish yang berisi media selama 15 menit.

Penangkapan mikrobia di dalam ruangan diletakkan di dekat washtafel dengan keadaan lingkungan:
– Intensitas sinar : 0,01 candela
– Kelembaban udara : 68%
– Temperatur udara : 30 ̊C

Gambar di atas yaitu hasil dari pertumbuhan mikroba di dalam ruangan yang diperhatikan pada hari senin. Di dalam media PDA tumbuh jamur, dengan ciri-ciri terdapat benang-benang hifa berwarna putih kekuningan. Meski pada media NA tumbuh mikroba dengan ciri-ciri seperti koloni kuman, adalah bintik-bintik kuning dan putih serta terdapat bintik-bintik yang menyusun garis, dan tak mempunyai hifa seperti pada jamur.

Pada pengamatan ini belum bisa dikenal ragam jamur dan kuman yang tumbuh dalam media sebab tak dilaksanakan pengamatan lebih jauh memakai mikroskop. Pengamatan cuma dilaksanakan dengan mata telanjang.

 

Kunjungi Juga : https://www.teknikmart.com/pompa.html