Variasi Kabel Listrik (NYA, NYM dan NYY)

Variasi Kabel

KABEL LISTRIK

Kabel listrik yaitu media untuk menyalurkan tenaga listrik. Sebuah kabel listrik terdiri dari isolator dan konduktor. Isolator yaitu bahan pembungkus kabel yang lazimnya terbuat dari karet atau plastik, walaupun konduktor terbuat dari serabut tembaga atau tembaga pejal.

Kesanggupan hantar sebuah kabel listrik ditetapkan oleh KHA (kesanggupan hantar arus) yang dimilikinya dalam satuan Ampere. Kesanggupan hantar arus ditetapkan oleh luas penampang konduktor yang berada dalam kabel listrik. Walaupun tegangan listrik disuarakan dalam Volt, besar kekuatan yang diterima disuarakan dalam satuan Watt, yang yaitu perkalian dari :
“Ampere x Volt = Watt”

Info Mesin Las : https://www.teknikmart.com/mesin-las.html

KABEL N.Y.A

Umumnya diaplikasikan untuk instalasi rumah dan metode daya. Dalam instalasi rumah diaplikasikan ukuran 1,5 mm2 dan 2,5 mm2. Berinti tunggal, berlapis bahan isolasi PVC, dan seringnya untuk instalasi kabel udara. Kode warna isolasi ada warna merah, kuning, biru dan hitam. Kabel variasi ini lazim dipergunakan di perumahan sebab harganya yang relatif murah. Lapisan isolasinya cuma 1 lapis sehingga gampang cacat, tak bendung air dan gampang digigit tikus.

Supaya aman mengaplikasikan kabel variasi ini, kabel mesti dipasang dalam pipa/conduit tipe PVC atau saluran tertutup. Sehingga tak gampang menjadi target gigitan tikus, dan jikalau ada isolasi yang terkupas tak tersentuh seketika oleh orang.

KABEL N.Y.M

Dipakai untuk kabel instalasi listrik rumah atau gedung dan metode daya. Kabel NYM berinti lebih dari 1, mempunyai lapisan isolasi PVC (lazimnya warna putih atau abu-abu), ada yang berinti 2, 3 atau 4. Kabel NYM mempunyai lapisan isolasi dua lapis, sehingga tingkat keamanannya lebih bagus dari kabel NYA (harganya lebih mahal dari NYA). Kabel ini bisa dipergunakan dilingkungan yang kering dan berair, tapi tak boleh ditanam.

KABEL N.Y.Y

Mempunyai lapisan isolasi PVC (lazimnya warna hitam), ada yang berinti 2, 3 atau 4. Kabel NYY dieprgunakan untuk instalasi tertanam (kabel tanah), dan mempunyai lapisan isolasi yang lebih kuat dari kabel NYM (harganya lebih mahal dari NYM). Kabel NYY mempunyai isolasi yang terbuat dari bahan yang tak disukai tikus.

 

 

Artikel Lain : Alat Teknik