6 Tips dan Cara Menghemat Biaya Tagihan Telepon

Jika Anda kebingungan tentang masalah tagihan telepon di rumah atau perusahaan, ada beberapa tips atau cara bagaimana mengantisipasi permasalahan tersebut. Banyak orang sebagai pemakai jasa layanan telekomunikasi secara khusus telepon rumah maupun perusahaan kurang menyadari seputar efektifitas dalam hal penggunaannya. Terutamanya bagi mereka yang membuka bidang usaha dan bisnis, tentu tagihan telepon ini akan menjadi pengeluaran rutin yang harus dibayarkan dan apabila didalam penggunaannya tidak diperhitungkan maka tagihan malah akan membengkak.

Ambil suatu contoh misalnya Anda adalah seorang pengusaha dan pebisnis, penghematan keuangan adalah hal yang paling penting selain bisa menghemat keuangan perusahaan, penghematan keuangan juga bisa membuat perusahaan lebih sehat dana dan akan terus maju. Dalam penghematan keuangan, biaya yang paling sering dikeluarkan adalah untuk berkomunikasi atau telepon. Sebab telepon senantiasa digunakan hampir setiap hari untuk urusan perusahaan. Lalu bagaimanakah cara mengemat keuangan dalam sisi berkomunikasi atau telepon?

Simak Juga: NEC Indonesia

1. Tentukan Budget Telepon Perusahaan atau Telepon Rumah Anda

Yang pertama Anda harus lakukan adalah memasang sasaran pengeluaran biaya telepon. Karena dengan ini pengeluaran biaya akan lebih terstruktur sehingga Anda bisa menghemat biaya pengeluaran keuangan perusahaan maupun pribadi.

2.Gunakan Sesuai Dengan Kebutuhan

Gunakan telepon untuk hal yang penting-penting saja. jika memang harus bertelepon dengan klien yang mendiskusikan hal yang simpel. Anda bisa memakai cara mengirim surat elektronik yang tanpa mengeluarkan pulsa untuk bertelepon. Pastikan Anda memakai telepon yang sesuai dengan keperluan Anda tanpa menyampingkan kebutuhan Anda.

3. Pasang Pembatasan Waktu Telepon

Misalnya tagihan telepon tidak melonjak tajam dan membengkak, Anda bisa mengatur waktu telepon. Contohnya dalam waktu 10 atau 15 menit otomatis akan mati. Sistem ini cukup efektif dalam menghemat keuangan pribadi/perusahaan Anda.

4. Cek Tagihan Anda

Cara ini penting untuk perusahaan atau rumah karena dengan cara ini Anda akan tahu telepon digunakan untuk telepon siapa dan dimana saja. Dengan cara ini pula Anda bisa memperhatikan karyawan yang suka menggunakan fasilitas perusahaan secara berlebihan atau untuk kebutuhan pribadinya.

Baca Juga: Transtel

5. Gunakan Sistem atau Alat PABX/IP PABX

Langkah terakhir atau menjadipilihan alternatif adalah dengan memakai PABX/IP PABX untuk telepon antar sesama karyawan di suatu kantor. Cara menghemat biaya pengeluaran penggunaan PABX bisa menghemat waktu dan lebih mempermudah kantor dalam berkomunikasi. PABX adalah singkatan dari Private Automatic Branch eXchange. Sebuah PABX pada dasarnya adalah sebuah cara telepon yang umumnya disebut juga dengan switchboard yang diaplikasikan sebagai metode telepon internal di kantor. Cara kerja PABX bahwa sesungguhnya perangkat ini merupakan modem yang berfungsi sebagai control station pusat. Setiap kali ada telepon baru yang masuk, maka telepon tersebut akan di-routing (diarahkan) melewati control station ini. Karena di dalam metode PABX tersebut sudah dimasukan kode tertentu untuk masing-masing nomor telepon di kantor, atau untuk masing-masing extension,maka telepon masuk tersebut akan diarahkan ke tujuan yang tepat dengan menggunakan kode tersebut.

6. Mengunci Telepon dengan menggunakan Password

Ini adalah suatu cara terakhir yang lebih ekstrim dalam mengurangi tagihan telepon, Anda dapat menggunakannya dengan kode nomor atau kata sandi untuk mengunci telepon Anda. Usahakan kode nomor ini hanya untuk Anda saja yang mengenal, dapat juga menguncinya secara fisik dengan menggembok telepon rumah Anda supaya pemakai lain tidak bisa menekan tombol teleponnya. Beritahukan kepada anggota keluarga jika ada kepentingan mendesak dan serius dengan memakai layanan telepon untuk langsung meminta kunci dan membuka password kepada Anda.

Sekian tips dan metode bagaimana Anda dapat mengurangi beban tagihan telepon dengan lebih mengefektifkan penggunaan dan memberikan kontrol penggunaan yang ketat agar beban tagihan yangdibayar tidak membengkak.

Cek Juga: PABX NEC