4 Tipe Bisnis E-Commerce Yang Ada Di Indonesia Ketika Ini

Payment Gateway Indonesia – Bagi beberapa orang mungkin akan mengamati bermacam-macam kios e-commerce semuanya sama. Sedangkan sesungguhnya mereka mempunyai macam bisnis yang berbeda-beda dan tak dapat diwujudkan bahan referensi untuk berkompetisi. Dengan kata lain, masing-masing e-commerce mempunyai keunikannya masing-masing.

Dan untuk mengenal apa saja macam-macam bisnis e-commerce yang ada di Indonesia? berikut Espay.id akan menjelaskannya secara komplit.

  1. E-commerce macam listing / iklan baris

E-commerce macam ini dapat dikatakan sebagai yang paling sederhana dan sederhaba. Untuk e-commerce macam ini umumnya mempunyai dua kriteria utama yang dapat segera diperhatikan.

  1. Web e-commerce ini tak melayani kesibukan transaksi secara online
  2. Penjual bersifat individu, dan bebas memasarkan apa saja, serta dimana saja secara free

Sebagai teladan, e-commerce berjenis listing atau iklan baris yang paling familiar di Indonesia antara lain seperti OLX, Tokobagus, Berniaga, dan lain sebagainya. Tidak cuma web, forum jual beli yang ada di kaskus malah sering kali dimasukkan dalam golongan ini, sebab di forum hal yang demikian tak melayani transaksi secara online. Sehingga transaksi umumnya terjadi secara segera antara pihak penjual dan pembeli diluar e-commerce itu sendiri.

  1. E-commerce macam Shopping mall

Banyak yang menyamakan e-commerce macam ini dengan marketplace. Sedangkan pada kenyataannya amat berbeda. Kenapa? Sebab para vendor atau mereka yang mau berjualan disini haruslah berasal dari brand ternama saja dan sepatutnya via progres verifikasi secara ketat. Dan di Indonesia, e-commerce yang menerapkan macam ini diantaranya ialah Blibli.

Sementara itu, profit yang diperoleh dari e-commerce dengan macam ini umumnya berasal dari komisi yang dikasih oleh brand-brand ternama hal yang demikian.

  1. E-Commerce macam Business to Consumer (B2C)

Untuk e-commerce yang satu ini seperti paling gampang untuk ditemui di Maya. Pasalnya macam ini juga terbilang cukup simpel karna cuma perlu mempunyai sebuah web dengan nama domain sendiri. Dan web hal yang demikian diibaratkan sebagai kios mereka secara online. Layaknya sebuah kios, pengunjung akan mendatangi web hal yang demikian, berbelanja, dan kemudian meninggalkannya dengan barang yang telah diorder.

e-commerce dengan macam ini sepatutnya juga dibekali oleh keamanan transaksi yang tinggi via pemakaian payment gateway Indonesia yang paling bagus, sebab macam e-commerce seperti ini amat rawan dengan perbuatan kriminalitas seperti pembohongan yang amat merugikan pihak e-commerce hal yang demikian.

Untuk itu, via pemakaian payment gateway Indonesia terbaik seperti Espay.id, karenanya transaksi akan jauh lebih aman bagi kedua belah pihak, bagus pihak e-commerce maupun konsumen

Sebagian teladan e-commerce dengan macam ini yang ada di Indonesia diantaranya ialah Bhinneka, Lazada Indonesia, BerryBenka, dan lain sebagainya.

  1. E-commerce di media sosial

Salah satu keunikan pasar komputerisasi di Indonesia sekiranya diperbandingkan dengan negara lain ialah pemakaian sosial media sebagai kancah berjualan, seperti semisal Facebook atau Instagram. Pasalnya, berjualan di sosial media terbilang amat gampang dan murah, sehingga sesuai bagi mereka yang mau merintis usaha mulai dari bawah.

Metode ini juga dianggap amat efisien bagi mereka yang memang menciptakan usaha jual beli sebagai sampingan diluar profesi aslinya.

Itulah tadi 4 macam bisnis e-commerce yang ada di Indonesia, bagaimana berdasarkan Anda? mau mencoba membangun e-commerce macam yang mana?

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *