Ada Lagi! Seorang Pelajar Di Tangerang Ubah Buah Maja Menjadi Tenaga Listrik

Ada Lagi! Seorang Pelajar Di Tangerang Ubah Buah Maja Menjadi Tenaga Listrik

Jual Genset – Melalui beberapa percobaan dan eksperimen, akhirnya dua orang pelajar ini mampu menciptakan sebuah sumber tenaga listrik yang berasal dari buah maja. Adalah Arief Setiawan dan Bagus Dwi Putra, dua pelajar SMK Taruna Karya, Cikupa, Kabupaten Tangerang yang berhasil mengolah buah maja menjadi sebuah tenaga listrik untuk kehidupan sehari-hari.

Sebelum mereka berhasil menciptakan penemuannya tersebut, kedua pelajar yang berasal dari jurusan mekanik industri ini, telah melakukan beberapa penelitian yang berguna untuk menguji apakah buah tersebut mampu menghasilkan listrik atau tidak.

Dan dalam percobaannya tersebut, mereka sempat mengaku bahwa awalnya mereka menggunakan sebuah belimbing. Akan tetapi, pada buah belimbing tidak ditemukan arus listrik yang cukup. Sehingga pada akhirya mereka menemukan buah maja yang memiliki banyak listrik.

Setelah mengetahui hal tersebut, mereka pun lantas melakukan percobaan dengan beberapa alat sederhana yang biasa ditemukan sehari-hari, seperti misalnya gunting seng dan gunting kertas, tang kombinasi, tang kabel, pisau carter, obeng, penggaris, palu, sendok makan, serta mulittaster digital. Dan hasilnya, mereka pun mampu menciptakan sebuah rangkaian peralatan yang berguna untuk menghasilkan listrik dari buah maja.

Tak hanya itu, mereka juga menambahkan beberapa bahan lainnya seperti gelas yang berukuran 300 vv, bambu setinggi 12 cm dan diameter 8 cm, sebuah plat seng berukuran 0,2 mm, karet sandal, lempengan tembaga, jepitan accu, dan tentunya buah maja sendiri.

Mekanisme pengaplikasiannya pun cukup mudah, hanya dengan memasukkan isi buah maja kedalam sebuah gelas ataupun bambu. Kemudian masukkan plat seng yang telah disiapkan bersama dengan tembaga. Barulah kemudian dipasangkan sebuah kabel penjepit yang berguna untuk menjadi media pengantar antar gelas dan akhirnya menjadi sebuah rangkaian seri.

Setelah dilakukan uji coba pemasangan, barulah diketahui bahwa energi listrik yang dapat dihasilkan dari tiap gelasnya bisa sebesar 1 volt dalam kurun waktu 4 jam. Dan tak hanya itu, setelah diistirahatkan selama beberapa menit, buah maja tersebut pun diketahui mampu kembali menghasilkan listrik dengan jumlah yang serupa dengan sebelumnya.

Dengan adanya penemuan ini, diharapkan nantinya dapat membantu proses pengisian ulang daya di handphone, jam, senter, dan lain sebagainya.

Terkait rencana kedepannya, baik Arief, Bagus, dan pihak sekolah mengaku masih terus melakukan pengembangan terhadap penemuannya tersebut.

Ingin tahu berbagai artikel menarik lainnya seputar genset dan kelistrikan Indonesia? Temukan semuanya hanya di situs jual genset ternama di tanah air, www.hartech.co.id. Disini, Anda sekaligus bisa memilih genset murah berkualitas terbaik yang berguna untuk mendukung aktifitas bisnis Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *